Tips Wawancara
Saya ingin menyebarkan postingan yang menurut saya berguna sekali, secuil tapi sangat bermanfaat..
“Good luck untuk semua pengunjung blog ini”
WAWANCARA KERJA
Menjawab dengan cerdas, taktis dan optimis
Meski anda merasa pintar dan brilian, jangan keburu yakin bahwa semua pintu perusahaan akan terbuka secara otomatis untuk anda. Sebab kenyataannya, para tuan dan nyonya pintar ini seringkali gagal dalam wawancara. Alasannya ? tidak smart dan taktis dalam menjawab pertanyaan.
1. Ceritakan tentang diri anda
Erina Collins, seorang agen rekruitmen di Los Angeles menyatakan seringkali ada perbedaan yang mengejutkan antara ketika kita membaca lamaran seseorang dengan saat berhadapan dengan si pelamar.
“Pengalaman menunjukkan, surat lamaran yang optimis tidak selalu menunjukkan bahwa pelamarnya juga sama optimisnya,” kata Erina. Ketika pewawancara menanyakan hal yang sederhana seperti “Di mata anda, siapa anda?” atau “Ceritakan sesuatu tentang anda“, banyak pelamar menatap pewawancaranya dengan bingung dan lalu seketika menjadi tak percaya diri.
“Saya merasa biasa-biasa saja” atau “tak banyak yang bisa saya ceritakan tentang diri saya” seringkali menjadi jawaban yang dipilih pelamar sebagai upaya merendahkan diri. Selama ini banyak artikel karir konvensional yang menyarankan agar anda sebaiknya merendahkan diri sebisa mungkin, sebagai upaya mencuri hati si pewawancara.
“Tapi ini jaman modern. Jawaban yang terlalu merendah dan banyak basi-basi hanya menunjukkan bahwa anda sebenarnya tidak yakin dengan diri anda. Dan perusahaan masa kini tidak butuh karyawan seperti itu,” tegas Erina.
Pengalaman Eliana Burthon, staf humas sebuah hotel berbintang di New York mungkin menarik untuk disimak. Ketika pewawancara memberinya satu menit untuk bercerita tentang dirinya, Eliana mengatakan “Saya Eliana Burthon, anak pertama dari lima bersaudara. Sejak SMA, saya aktif di koran sekolah. Disitu saya menulis, mewawancarai orang-orang di sekitar saya dan berhubungan dengan mereka. Dari situ saya sadar alangkah menariknya bisa bertemu dengan orang banyak, berdiskusi dan mengetahui banyak hal dari mereka. Diluar itu, saya senang musik, membaca dan traveling.Ketika kuliah, saya sering menulis pengalaman jalan-jalan saya, atau sekedar memberi referensi kaset yang sedang laris untuk koran kampus saya.“
Meski tak memberikan jawaban yang berbunga-bunga, apa yang diungkapkan Eliana tentang dirinya menunjukkan bahwa dirinya terbuka, ramah dan punya rasa ingin tahu. “Jawaban itu cerdas dan efektif untuk menggambarkan bagaimana dia menyatakan secara implisit bahwa dirinya merasa layak ditempatkan di posisi yang diincarnya. Pewawancara butuh jawaban seperti itu. Cukup singkat, tapi menunjukkan optimisme yang alamiah,” kata Erina Collins.
Kalau anda dipanggil untuk wawancara, sebisanya persiapkan diri dengan baik. Rasa percaya diri dan menunjukkan bahwa anda menjadi diri sendiri adalah yang terpenting. Pewawancara tidak butuh jawaban yang berbunga – bunga, berapi-api apalagi munafik.
Pada kesempatan pertama, mereka biasanya ingin melihat bagaimana si pelamar menghargai diri sendiri. Sebab itu, buatlah beberapa poin tentang kemahiran anda, hal-hal yang anda sukai dan inginkan untuk masa depan anda. Kalau telah menemukan poin -poin itu, berlatihlah mengemukakan semua itu dalam sebuah jawaban singkat yang cerdas dan optimis.
2. Hati-hati pertanyaan jebakan
Siapapun idealnya tak suka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang memojokkan. Tapi begitulah kenyataannya ketika anda diwawancara. Seringkali banyak hal tak terduga yang dilontarkan si pewawancara dan membuat anda seringkali kelepasan bicara.
Dalam hal ini, Erina memberi contoh pengalamannya ketika mewawancarai seorang pelamar tentang mengapa ia memutuskan pindah kerja.
“Ketika itu saya tanya ‘apa yang membuat anda memutuskan pindah kerja? tadi anda bilang, lingkungan kerjanya cukup nyaman kan?‘ dan pelamar itu menjawab ‘saya tidak suka bos saya. Seringkali ia membuat saya jengkel dengan pekerjaan-pekerjaan tambahan dan itupun tidak membuat gaji saya naik.’Saya lalu berpikir, apa yang akan dia katakan jika suatu saat keluar dari perusahaan saya tentulah tak beda buruknya dengan apa yang dia ungkapkan pada saya tentang perusahaan lamanya,” ungkap Erina.
Poinnya, taktislah dalam memberi jawaban. Jangan pernah memberi jawaban yang menjelekkan tempat kerja anda yang lama atau apapun yang konotasinya negatif. Lebih baik kalau anda menjawab “saya menginginkan ritme kerja yang teratur dan terjadwal.“
Mengenai gaji, sebenarnya di tempat kerja yang lama tak ada masalah, tapi tentu saya senang kalau ada peluang untuk peningkatan gaji. Atau kalau anda ditanya tentang kelemahan anda, lebih baik tidak menjawab “saya sering telat dan lupa waktu.” Tetapi jawablah lebih taktis, misalnya “kadang saya memang pelupa, tetapi beberapa waktu ini sudah membaik karena saya selalu mencatat segalanya di buku agenda.” atau “saya sering kesal kalau kerja dengan rekan yang lamban, tetapi sebisanya kami berdiskusi bagaimana caranya menyelesaikan kerja dengan lebih cepat.“
Dalam wawancara, si pewawancara selalu berupaya mengorek sedapat mungkin tentang kepribadian pelamar. Kadang pertanyaan sepele seperti “Sudah punya pacar? Ada niat menikah dalam waktu dekat?” sering ditanggapi buru-buru oleh si pelamar dengan menjawab misalnya “Sudah, rencananya kami akan menikah akhir tahun ini.” Padahal, menurut Erina, jawaban itu bisa jadi penutup peluang kerja anda. “Perusahaan selalu ingin diyakinkan bahwa calon karyawannya hanya akan fokus pada pekerjaan mereka, terutama pada awal masa kerja.
Jawaban bahwa anda akan menikah dalam waktu dekat justru menunjukkan bahwa perusahaan bukanlah fokus anda yang sebenarnya, tetapi hanya seperti selingan, ujar Erina sambil menambahkan bahwa akan lebih baik kalau anda menjawab “sudah, tapi sebenarnya saya ingin mempunyai pengalaman kerja yang cukup sebelum memutuskan untuk menikah.“
3. Semangat dan bahasa tubuh
Dalam wawancara kerja, penampilan memang bukan nomor satu tetapi menjadi pendukung yang ikut menentukan. Karena itu selain berpakaian rapi, tidak seronok, mencolok atau banyak pernik, tunjukkan bahasa tubuh yang baik. Jangan pernah melipat tangan di dada pada saat wawancara, karena memberi kesan bahwa anda seorang yang kaku dan defensif. Idealnya, tangan dibiarkan bebas untuk mengekspresikan kata-kata anda, tentu saja dengan tidak berlebihan.
Selama wawancara berlangsung, buatlah kontak mata yang intens. Pelamar yang sering membuat kontak mata menunjukkan keinginan untuk dipercaya serta kesungguhan memberikan jawaban. Rilekslah dan sesekali tersenyum untuk menunjukkan bahwa anda pribadi yang hangat. Umumnya, perusahaan menyukai pelamar yang menyenangkan. Kurangi kata-kata “saya merasa…” atau “saya kurang…” dan sebaiknya gunakan “saya pikir…“, “menurut pendapat saya..“, “saya yakin…“, “saya optimis…“. Kata-kata “saya merasa …” atau “saya kurang…” mengesankan anda lebih sering menduga, menggunakan perasaan, tidak terlalu percaya diri dan tidak menguasai persoalan.
4.Cara berpakaian yang baik dalam wawancara
Berpakaian yang “baik” dalam wawancara memang tidak dapat digeneralisasikan karena setiap perusahaan memiliki kebiasaan – kebiasaan/budaya perusahaan yang berbeda. Namun, ada beberapa tips yang dapat diingat, antara lain:
* Cari informasi terlebih dahulu tentang perusahaan dan Bapak/Ibu yang akan mewawancarai anda. Beberapa perusahaan memiliki peraturan atau “kebiasaan” berpakaian secara formal, tetapi ada juga yang semi formal, atau bahkan ada yang bebas. Hal ini penting, agar anda tidak dilihat sebagai “orang aneh’, disesuaikan dengan posisi yang akan dilamar.
Bagi pelamar pria disarankan menggunakan kemeja lengan panjang dan berdasi, tidak perlu menggunakan jas. Berpakaian rapih dan bersih, tidak kusut. Hal ini memberi kesan bahwa anda menghargai wawancara ini.
* Berpakaian dengan warna yang tidak terlalu menyolok (mis.,mengkilap, ngejreng).
* Bagi pelamar wanita berpakaian yang tidak terlalu ketat (rokbawah, kancing baju atasan).
* Berpakaian dengan disain yang simple (tidak telalu banyak pernik-pernik, toch ini bukan acara pesta).
* Tidak berlebihan dalam menggunakan wangi-wangian dan perhiasan.
Berapa gaji yang anda minta ?
Bila dalam wawancara, Anda ditanya berapa gaji yang anda inginkan, bagaimana cara menjawab pertanyaan itu dengan baik tanpa menimbulkan kesan bahwa Anda pencari gaji tinggi atau memberi kesan berapapun imbalan yang diberikan Anda mau.
Pada umumnya perusahaan sudah mempunyai rentang standar gaji untuk jabatan-jabatan yang ditawarkan. Bagi pelamar untuk posisi yang lebih tinggi dan langka biasanya memiliki kekuatan tawar menawar yang lebih tinggi. Jadi dalam menjawab pertanyaan tersebut anda harus memperoleh gambaran dulu imbalan total yang akan anda terima dalam setahun.
Imbalan total adalah gaji dan tunjangan lain yang diberikan termasuk insentif dan bonus. Selain itu perlu ditanyakan apakah imbalan yang ditawarkan itu termasuk PPH atau netto.
Dalam menjawab pertanyaan tersebut jawablah imbalan yang anda harapkan setahun. Berdasarkan harga pasar yang sesuai untuk jabatan tersebut serta nilai tambah yang anda miliki. Jawablah dengan diplomatis: ” Saya berpendapat perusahaan ini pasti sudah mempunyai standar imbalan bagi jabatan ini.
Berdasarkan pengalaman yang saya miliki dan kontribusi yang dapat saya berikan pada perusahaan ini, saya mengharapkan imbalan yang akan diberikan adalah minimal Rp. …/tahun ditambah fasilitas-fasilitas lain sesuai dengan peraturan perusahaan.
Negosiasi mengenai gaji pada saat ini tidak lagi dipandang tabu oleh sebagian besar perusahaan, namun anda diharapkan mengumpulkan informasi dulu agar dapat bernegosiasi dengan baik.
5.Variasi pertanyaan dalam wawancara
Bagi pelamar terutama bagi pemula pencari kerja perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang akan dihadapi.
Berikut ini kami berikan variasi-variasi pertanyaan yang kerap muncul dalam wawancara:
Pertanyaan mengenai riwayat pendidikan :
* Mengapa anda memilih jurusan tersebut?
* Mata pelajaran apa yang anda paling suka, jelaskan alasannya.
* Mata pelajaran apa yang kurang anda sukai, jelaskan alasannya.
* Pada tingkat pendidikan mana anda merasa paling berprestasi, mengapa?
* Apakah hasil ujian menggambarkan potensi anda, jelaskan?
* Siapakah yang membiayai studi anda?
* Bagaimana teman-teman atau guru mengambarkan mengenai diri anda?
* Dalam lingkungan macam apakah anda merasa dapat bekerja paling baik?
Pertanyaan mengenai pengalaman kerja :
* Ceritakan mengenai pengalaman kerja anda
* Bagi yang belum pernah bekerja pada umumnya diminta untuk menceritakan mengenai aktivitas ekstra kurikuler selama studi.
* Pekerjaan manakah yang paling menantang bagi anda, mohon dijelaskan.
* Pekerjaan manakah yang paling menantang bagi anda dan bagaimana anda menyelesaikan hal tersebut.
* Dengan kolega macam apakah anda senang bekerja sama?
* Dengan boss macam apakah anda senang bekerja?
* Bagaimanakah anda memperlakuan anak buah anda?
Pertanyaan mengenai sasaran anda :
* Mengapa anda ingin bekerja dalam industri ini?
* Apakah yang mendorong anda melamar kepada perusahaan kami?
* Apakah yang anda inginkan dalam 5 tahun mendatang?
* Apakah yang anda inginkan dalam hidup anda?
* Apa yang anda lakukan untuk mencapai sasaran anda?
Pertanyaan mengenai organisasi yang ingin anda masuki :
* Apakah yang anda ketahui tentang organisasi yang akan anda masuki?
* Menurut anda faktor faktor sukses apa yang dibutuhkan seseorang untuk bekerja disini?
* Apakah yang anda cari dalam bekerja?
* Bagaimana anda dapat berkontribusi dalam perusahaan ini?
* Menurut anda apa visi dan misi dari organisasi ini?
Nah, siap bersaing di dunia kerja? Yang penting, persiapkan diri anda dengan baik dan jangan pernah meremehkan pertanyaan sekecil apapun dalam wawancara kerja. Selamat bersaing!
wahyuprogress said
thanks bgt info n tipsnya. mungkin tahun ini akan ada banyak orang yang lolos tes CPNS berkat tips anda ini. Allah akan membalas kebaikan anda. amiin…
Web Penghasil Duit said
Terimakasih atas tipsnya…
sangat bermanfaat bagi para pelamar kerja..
soegono said
keren…..
than’s buat info-nya!!
-Peace-
nisya said
emmm…bagus banget!!!
thanks y infoy, membantu banget!!!!
eva said
duh hebat..saya pernah dapet semua pertanyaan ntu.. dan saya tau sekarang dimana kesalahan saya..beda banget ma tips-tips dari web lain
Rina Herlina said
makasih banyak..
membantu saya lebih percaya diri..
amelia said
terima kasih yaaaaaaaa…
sgt bermanfaat…
” ya sama2 sdr amel “
IKMAL said
mashooooooooooook baaanget gheeethooh
” iyaaaaa, makaaaassiiiihh yaaa 🙂 “
maulana taufan said
thx lagii,,,
” thx lg bro “
v3 said
tenkyiu yach
” iya, sama2 v3″
riyadh said
cool
diditpraditio said
hai.. pertanyaan yang terakhir jawabannya juga dunk hehe..
” oalah mbok, saya juga bingung.. huehehe 🙂 “
kiki said
info yg bermanfaat bgt bagi saya yg baru belajar mnghadapi wawancara..
” yupz thanx, semoga berguna “
Muhammad Ali Akbar Tanjung said
terima kasih atas info yang anda berikan
yg terpenting adalah cara kita dalam memahami dan mempelajari sgala mcam bentuk masalah
dan kita bisa menempatkan diri dalam sgala situasi dan kondisi. hal ini dapat mengembangkan pola pikir dan integritas kita. saya berprinsip apa yang saya lihat, saya dengar, dan saya rasa jadikanlah ilmu, karna dalam smua kgiatan pasty ada ilmu na… itu pendapat saya…
skali lg terima kasih yah atas info na….
wassalam
agus said
tank’s untuk infonya ini sangat menambah wawasan dalam hal mengantisipasi pertanyaan saat interveiw. seumpama pertanyaan mengenai alasan kenapa kok ingin pindah kerja? misal lowngan BUMN kita jwb ” saya ingin mendapatkan pekerjaan yang bisa menjamin masa depan saya dalam kesejahteraan dan karir. dan jg dari dulu saya punya cita-cita ingin masuk d perusahaan BUMN ini.gmn menurut anda,bisa diterima tdk alasan saya oleh penginterview?
” klo menurut saya itu jawaban yg bagus kok, nggak mengada-ada. memang begitu kenyataannya. mencari kesempatan yg lebih baik. trus klo di tanya lagi ” apa anda yakin? “. jawab dengan yakin. karena penulis juga dulu bgitu ”
trim’s
wawan said
infonya bener-bener pas bangeet.. tapi gini saya ada masalah ni. saya disuruh resign suatu perusahaan,dengan alasan saya terlibat kasus kerugian perusahaan. padahal saya yakin tidak bersalah,saya kena imbasnya karena masih ada hubungannya dengan jabatan saya..sebenarnya rekan2 dah tahu siapa yg sebenarnya bersalah..tapi perusahaan tdk mau tau akhirnya disuruh resign semua yg ada hubngannya dgn kasus tsb..please gmn alasan saya menghadapi nterview kalo ditanya,kenapa kok resign??? atau mungkin apa alasan anda untuk pindah kerja??saya harus gmn enaknya???
tank’s banget untuk petunjukny..
” waduh ni pertanyaan berat mas, klo menurut saya itu tergantung pendapat pribadi anda sendiri. anda berani berbohong atau ingin bicara yg sebenarnya?? tapi menurut saya sih sebaiknya jujur, tapi ya jgn terlalu jujur. pewawancara itu pinter. klo di wawancara lebih dalam, bisa2 anda ketahuan. bilang saja mencari lingkungan kerja yg kondusif. karena ada kasus. jadi banyak kecurigaan terhadap banyak orang di kantor. ya terus anda tidak tahan, jadinya anda memutuskan untuk pindah kerja. begitu mas pendapat saya. semoga bisa membantu. klo ad kawan2 yg punya solusi lain, silahkan komen di sini. thanx “
Cucu said
Mana dong jwbn nya? Yg sya mau tu cntoh prtnyaan brikut altrntf jwbny. Mksie.
” yg mana ya pertanyaannya, kok nggak ada pertanyaannya “
irwan said
baguz banget tips nya udah cukup lengkap tapi untuk pertanyaan ko ga da jawabannya sich kan tu penting banget loe
donna said
first of all…
thanks bgt bisa berbagi informasinya buat orang-orang yg membutuhkan…
memberikan rasa percaya diri bagi para calon pelamar kerja…
membuka wawasan baru dalam memulai dunia yang baru bagi kami calon tenaga kerja…
skali lagi thanks beraatttt…hehehehe!!!
God bless
” salam kenal mbak, ya smoga smua yg ada di sini bisa bermanfaat buat banyak orang.. thanx ya mbak dah mampir, n salam kenal “
ranie said
qu lahap abiz tips2 ny,aseeekk…
doain aq yh…
thnx bwt ino ny.kreatif!
joe said
Gue cari temen gue namanya ranie – cah Porjo ..Ada yang kenal gak ??
mashariyadi said
lumayanlah bro..
irma said
makasih bgt info_a y…
ne pasti sangat bermamfaat buat saya n teman2 yang lagi cari kerja..
tp ad satu pertanyaan yang stiap kali di interview yang aq susah untuk menjawabnya.
tolong sebut kan 3 kelebihan dan kelemahan anda…
baik nya jawab apa y mas yach… aq bingung……..
mkasih n lam kenal y mas.. 😉
jeisikangeli said
terima kasih 4 infox..
melalui info ini aku bisa mendapat gambaran dunia kerja itu kayak gimana, berhubung aku blum pux pengalaman dlm dunia kerja..
btw, klo nntx ada pertanyaan dr pewawancara yg nntx meminta aku untuk memilih mn yg lebih penting keluarga atau perusahaan trus aku lebih memilih keluarga apakh akan berpengaruh dengan lamaran kerja aku?apakah aku langsung “dipecat”saat itu juga?
oh iy, ada lg klo misalnya lamaran aku diterima oleh pewawancara, gimana reaksi dr pewawancara yg menyatakan aku lulus tp blum secara langsung disampaikan ke aku?
” ya itu tergantung dari diplomasi anda. klo kita bilang mengutamakan perusahaan, mgkn dy akan bilang jd keluarga anda nggak penting?? mgkn juga dy akan bilang ” anda terlalu naif “. jadi menurut saya, jawab bgini aja. saya mementingkan perusahaan dan keluarga. tetapi, pada saat saya diperlukan oleh perusahaan, saya akan loyal kepada perusahaan. suka nggak suka itu adalah tanggung jawab saya terhadap pekerjaan dan perusahaan. ya kira2 itu, smoga bisa membantu ”
terima kasih dan tlg di blz yach ka..
Regina said
Halo, salam kenal
Terima kasih atas infonya. Semoga bisa bermanfaat di saat saya mengikuti job interview nanti 🙂
Nice blog 😉
” yupz, thanx “
Aed Apendi said
-Saya berfikir betapa manfaatnya apa yang anda lakukan ini, pasti dengan tulisan anda ini sudah banyak orang yang terbuka hatinya / terbantu dalam masalah wawancara, insyaalloh akan saya amalkan juga mudah2an sukses do’ain yah
-Semoga Alloh membalas keikhlasan dan kebaikan anda dengan yang lebih baik dari ini…amiin
-Tip2 yang lainnya ditunggu.
” ya sob, trima kasih buat doanya. memang berbagi itu menyenangkan. tapi paling tidak, insyaalah menanamkan kebaikan kepada orang lain semoga bisa membawa kebaikan untuk saya sendiri.. aminnn.. thanx dah mampir n salam kenal “
oki said
terima kasih
berkat tips anda ini saya skarang sudah bekerja di perusahaan asing
dan kini saya tinggal di Los Angeles dgn gaji $1500
” beneran ?? selamat klo gitu.. alhamdulilah.. akhirnya ada yg memberi kabar juga.. hehehe 🙂 .. di tunggu traktirannya 🙂 gud luck sob “
5060126elfira said
terimakasih..banyak…
ina harnis said
masukan tentang wawancara bener2 bagus,,,,,
ku salut dengan si penulisnya,,.,,,
thx ya,,,,,,
masukan nya pokok ke mak nyus,,,,,
” ya mbak ina, trima kasih buat supportnya. trims dah mampir ke sini 🙂 “
zarkasyi_21@yahoo.com said
apa yang harus di jawab oleh seorang yang di interview bila ditanya berapa gaji yang anda inginkan
” sebelumnya sih menurut saya, sebelum kita menentukan jumlah gaji yg diinginkan. kita mesti survey dulu, berapa gaji standar yg ada di perusahaan tersebut. sesuai dengan grade yg kita punya, agar tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi. atau klo masih belum menemukannya, bisa juga kita bilang. sesuai dengan standar gaji perusahaan, dan sesuai juga dengan grade yg saya punya.. atau ada kawan2 di sini yg punya komen lainnya. silahkan ditunggu komennya. thanx, smoga bisa membantu “
vian said
yups…,thanks dah berbagi tips ini…
it’s very useful….
” yupz, smoga bisa membantu ”
beasiswauntukindonesia said
Berdasar pengalaman saya, ada beberapa pertanyaan nih yang menurut saya penting yang rekan-rekan perlu tahu:
“ceritakan kondisi sulit yang pernah anda alami (bisa di tempat kerja/waktu aktif di organisasi di kanpus) dan apa yang anda lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut”
“ceritakan satu aktivitas di mana anda bekerja sebagai tim”
“ceritakan satu aktivitas di mana anda berperan sebagai pemimpin”
Satu tips lagi, terkadang ada 3 pewawancara (bergiliran, anda di wawancara 3 kali)dengan pertanyaan yagn dimodifikasi sedikit tapi sebenernya pertanyaannya sama. Kuncinya adalah anda harus konsisten karena mereka akan saling mencocokkan jawaban.
Sukses ya,
http://informasi-beasiswa-untuk-indonesia.blogspot.com/
” nah no dia tuh, kita juga harus hati2 dan harus kita hafalkan isi resume kita, atau form awal biodata saat wawancara atau test. karena itu bisa menjadi salah satu bahan untuk calon pewawancara “
negeripuitis said
Saya seorang jurnalis tapi ketika sy melamar kerja utk posisi yg berhubungan dg marketing selalu dtolak contohnya MR ato Medical Representative. Pd resume dan saat ditanya sy jwb jujur prnah bkerja sbg jurnalis. Tapi sy selalu dtolak. Lain dg contoh yg anda tulis di atas. Mungkin bisa kasih solusi?
try haryadi said
boleh d coba neeeeeeee……
thX ya bro!!!!!!!!
SAR said
Tips di atas bener bermanfaat, enak di baca, mudah dicerna otak.
Ada beberapa tips di atas yang sesuai dengan yang sama dengan saya alami. waktu beberapa wawancara, mereka sampai paggil saya Buat join dengan perusahaannya sampai 4 x, tp saya menolaknya untuk beberapa alasan (bukan karena jual mahal), tp karena hal yang akan bentrok jika di terima di sana.
Buat yang mau coba silakan, ini sangat bermanfaat.
yonatan said
wah saya ucapkan terima kasih yang sebesar2 nya.
dengan adanya tips ini saya sudah siap menghadapi kehidupan ini tanpa ragu.
sherly said
wah makasih banget yah atas tips nya..saya jadi semakin mau belajar lagi..
terima kasih mudah2an saya bisa menerapkan tips2 berikut waktu wawancara saya..
” semoga mujarab tips– tips yg ada di sini.. aminnn…aminn “
ulfa indarsih said
maksih byk bang.. info nya.. bermanfaat banget bt yang baru mw ngawalin karir gni…
smoga allah paring lancar barokah.. amin…
” Aminn, thanx buat doanya… smoga cepet ktemu dengan rejekinya juga.. amiinn “
viTha said
baGuuss baNgeD nEe tiPs,,,
tiPs yaNg mahaL nEe buad gW,,,
thenGs soBb…..
dipa said
pantes jawaban gua waktu wawancara bikin emosi orang……waktu itu gua di tanya,” Apa yang akan adnda lakukan jika di terima di sini? UA JAWAB …PERUSAHAAN MAU APA DARI GUA? LANSUNG DEH GUA DI TENDANG.
HIK HIK HIK CUIH
wawan said
thank’s bro……doain gw ketrima kerja ya,,,,besok ada wawancara neh…..but kebantu banget berkat bocorannya…..
lem nal ya….
RyVq said
gilaaa…bgus bget sran ya tp btul jg tuh klo gak ad jwbannya gimana…. pling gak kan mmbatu qt tuk gak kbingugan bgt…
uan said
siap siap ach….
niaefriana said
ya..telat deh infonya…
Mercury said
Bravo…!!!!
Bagus banged infoNa…!!!
Knapa Ndak dari kmaren akuh nemu blog ini…
Skarang aku dah kerja sbagai marketing perusahaan…
Tapi dg gaji minim…
Mungkin stelah saya membaca ini,saya jadi lebih brani & terbuka u/bernegosiasi…
Trims yups….^_^
” smoga bisa membawa pencerahan.. ammiiieenn “
Mochamad Nur said
Trima kasih atas tipsnya, semoga dalam interview besok saya bisa melaluinya dan mendapat kabar yang menggembirakan tks…….
” amiiinn, n jgn lupa kasih kbr gimana tesnya.. gud luck ya “
wisnu said
bagus bgt sob info nya
” yupz, thanx a lot ya “
Firman Triadi said
wah…terima kasih banyak atas informasinya!!!
” okeh sob, thx juga dah kunjung “
mei said
wah keren…pantesan pas di interview ga dapet,krn saya terlalu merendah…ternyata itu tdk baik yach 🙂 thanks u/infonya Insya ALLAH semoga bermanfaat pastinya….
raja said
aku mau tanya . . klo untuk melamar jadi staf di perusahaan . .
apakah semua test yang anda sebutkan akan saya jalani??
termasuk test wawancara yg pertanyaannya bnyak bgt. .
saya sedang mlamar pada sebuah perusahaan dgn ijizah SMA
” ya sebagian besar seperti itu, tetapi ya biasanya tergantung kebutuhan dan perusahaan itu ndiri.. ya paling tidak, kita sudah persiapan untuk macam2 tes tersebut.. atau ada temen2 yg punya pendapat lain, di tunggu komennya.. thanx “
Firman Triadi said
mas bisa ga selain untuk tips wawancara kerja,,,,kasih tau saya untuk minta kuncinya dalam menjawab pas sidang komprehensif dalam perkuliahan!!!! klo ada kasih tau saya yah,,,,kirim alamat emailnya triadifirman@yahoo.co.id,,,ditunggu ya mas?! Trim’s
” waduh bro, saya udah nggak makan bangku kuliah sekarang.. jadinya dah rada nggak ngerti juga.. ya ato ada teman2 yg punya masukan.. di tunggu deh komennya.. thanx “
Firman Triadi said
oh,,,,iya deh
” ya ini buat referensi aja, smoga bisa ngebantu “
danang said
nice inpo 😀
secara ane besok mo wawancara user nih, bisa kasih gambaran tentang jenis pertanyaan yg akan diberikan? denger2 bakal teknikal yah?
makasih
” ya biasanya, wawancara user berupa yg bersifat teknis.. hal apa aja yg udah pernah dikerjakan.. cara n solusinya, ya moga aja pazz, gud luck buat testnya “
Uwie said
Sy srg bgt d tny 3 klbhn&3 kkurangan?gmn jwbn yg bgs?truz,knp anda rsgn?klu jwbnny:ingin mncr yg lbh bae.mnrt anda gmn?trus,ap yg anda dpt brkn pd prshaan in?plis ya,tks b4
” sebenarnya ini pertanyaan susah dan mungkin menjebak. klo soal kelebihan dan kekurangan, masing2 orang itu berbeda. klo ini saya takut salah kasih pendapat. tapi klo alasan resign, nah itu adalah senjata saya juga. mencari kesempatan dan tentunya penghasilan yg lebih baik. klo buat perusahaan ya, saya berikan loyalitas dan tanggung jawab penuh saya terhadap pekerjaan.. atau klo ada tmn2 yg punya pendapat bagus, tolong di bantu komennya,, thanx
tasliah said
thanks….
denit said
keren..kerenn..
menambah wawasan bgt niy buat wawancara..
thx yaa atas info’a..^^
” ya buat referensi aja ya denit “
yeye said
makasih banyak yaaaaaaaa……….
membuat saya jadi lebih tau banyak tips wawancara.
tq all..!!!!
ayu said
terimakasih….
pengalaman kemarin saat wawancara (RS) saya memang banyak salah!
saya jadi tau tingkat kesalahan saya dan perbaikan yang akan saya lakukan. terimakasih banyak!
” ya, buat referensi aja koq mbak. gud luck ya “
ratna said
RS?? perawat po mba’?
Syukur said
Info yg sangat membantu..,tx ya bro…….
” yup bro, thanx dah mampir “
moenik said
Great…sangat membantu..thanks banget ya !!!!
” sebagai referensi aja mas ya “
nengndah said
Thanks banget infonya..semoga bisa membantu dalam wawancara kerja. kadang suka gagal pas wawancara negh.artikelnya lengkap..banyak tips wawancara tapi ngak lengkap.
Ma kasih infonya
” yak sama2 neng, ya sebagai referensi aja ya, thanx ya “
ratna said
makasih bangett…..sangat berguna bagi fresh graduate,lebih lagi klo da lowongan bt fresh graduate 🙂
akio said
terima kasih atas tips nya
sangat membantu bagi pemula,,,,
rudiansyah said
tq yach tips wawancara-nya bagus banget.gw nga akan lupain tips wawancara ini.kalo ada info2 menarik e-mail ke gw dunks. BALAS
” ya buat referensi aja fren, gabung aja di info lowongan via email, biar terus kebagian info.. gimana ???? “
Ferry Pakpahan said
Thanks’s buat infonya
Sangat bermanfaat………..
santi said
keren banget tipsnya..
jd bisa nih menjawab bila diwawancara..
” ya buat referensi aja yaaa, gud luck “
Qadri said
wah membantu banget..jadi tambah pengetahuan
ammi said
thanks banget buat infox…..
in sngat berarti buat z.
heru sugiarto said
tx banget infonya..sangat berguna untuk saya sebagai pemula.
Ndari said
terima kasih dah sharing ilmu mas..
mudah mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat amien
” iya semoga bisa bermanfaat ya “
luminous25 said
Thx banget atas infonya,… Sangat membantu. Blog ini memang seperti lampu penerangan jalan, sangat membantu orang untuk melintas…. Salam sukses!
” semoga bisa membantu mas.. thanx buat supportnya “
wLAn said
Thx wT muA Tips’y
sNgat b’manfaat.:-)
Dwi Sunjoyo said
makasih infonya…bermanfaat sekali….Bravo
agam dwi said
waaaah…bgs jg tips’y,mksh y?cba da 100org kya anda…mgkn indonesia bs mju,hehehe…mgkn sich….ciao,.,.,.
NUWUN………..
” yg pasti dengan semua rakyat indonesia yg doyan kerja keras dan kreatif dalam hal baik tentunya.. kan bisa lebih maju “
agam dwi said
BANZAI…………
Danny said
Pak,saya mau tanya kalau mau liat nomor peserta test cpns polri gimana caranya?buka di web http://www.polri.go.id kok error…..
atlantios said
kyk’a uma pancingan…
supya sipelamar terbuka sama sipenerima
ya supaya sipenerima g pusing2 nanya yg aneh2
hemki said
than for interview tip, may God bless you.
fifi fadhil said
excelent………
inilah info yg sdh sgt lama saya cari.
thank’s a lot..
smoga info ini jadi awal yg baik untuk karir saya…
amiiiiiiiiiiiiiiin…. 🙂
VIAN JOXZANK KBM said
wah,thnks bgt,,,walopun saya blm mncari kerja saya jadi tahu bnyak……..
giri uiiew said
thanxz buanget…………
saya jadi yakin saya dapat menghadapi presentasi / wawancara yang bakalan saya hadapi di waktu mendatang……
n do’a in yaa supaya saya di terima…….
aaaaaaaaaaaaammmmmmmmmiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiieeeeeeeeeennnnnnnnnnn,,,,,,,,,,,,,,,
^_^
alisah said
thanx banget ya buat infonya.
saya rasa ini cukup membantu saya agar saya lebih PD lagi untuk menceritakan tentang diri saya ketika di wawancara.
tapi ada 1 pertanyaan nih,,
gimana cara menjawab pertanyaan yang sopan klo kita di tanya berapa gaji yang kita mau, stiap orang kan pasti ingin mendapatkan income tertinggi tapi klo g sesuai dgn potensinya gmn?
” mksdnya ingin salary tinggi tapi kemampuan kurang..?? mmmm susah juga nih sebenernya.. sebenarnya kita bisa mengajukan seperti itu, tapi sepertinya harus dengan satu syarat.. sudah punya pengalaman kerja.. kenapa??? karena andaikan kamu fresh trz kamu meminta gaji besar, mgkn perusahaan akan mencari yg fresh juga dgn gaji standar mereka.. kecuali, mungkin jika kamu punya prestasi or kelebihan semasa kamu kuliah or skul dulu.. itu bisa jadi nilai lebih untuk mu.. apalagi kalo bidangnya sangat sesuai dgn prestasimu..
anggaplah seperti ini simulasinya
Int : kamu minta gaji berapa???
kamu : saya minta gaji sekian rupiah
Int : apa kelebihan kamu di banding peserta lain, sehingga perusahaan layak untuk menggajimu sekian rupiah??
kamu : saya mempunyai kemampuan …………. ( silahkan di isikan sendiri sesuai dgn diri mu )
nb : klo ada temen2 yg punya pendapat lain. mohon saya di koreksi atau ada pendapat yg lebih bagus.. di tunggu komennya..
smoga bisa membantu…. thanx “
Ari said
Keren banget makasih ya
kris said
trims infonya
smoga kesuksesan yang kita dapatkan
laela said
thanks y wt tips na
Ponco Reko said
Top markotop.
Makasih buat info-nya.
putry said
maksih ya syaran yang di kasih.bikin tambah pd aja.
jirin said
thx ya wat tips2nya…
jadi ada gambaran wat ngadepin wawancara, thx…
” ya referensi aja ya, klo ada yg lebih bagus cari yg lebih baik “
HERDI FEBRIYANTO said
terima kasih atas tips2nya mudah2han tips ini berguna bagi saya dan yg lain tq…
wuri said
ketika sy dity kenapa resign dr pekerjaan terakhir n sy jwb dgn jujur user mlh illfill tuh?gmn dunk?ujujx gk kesaring…….klu boong bt kebaikan sy sndiri gpp x ya………thnxs 4 all bttips yang kueren b4……..mg x ne Allah bersama dalam setiap langkah yang q jalani.amin
” ya jgn terlalu jujur juga, pokonya bagaimana kita bisa lulus.. tapi nggak yg terlalu mengada-ada juga.. gud luck ya n tetep semangat “
ari said
mksh ats referensi`y
smga bermanfaat
goog luck for all
Tb.Tarnaya said
Trimksih. .
Sya psti bsa d trima perusahaan stelah tau tips ini
” semoga bisa membantu “
iin said
Wah!! ni baru tips yg keren bgt…. memaparkan dg jelas n disertai contohnya juga.. bener2 membantu… Thanks bgt yah! ^_^
hendrawan said
insyaallah dgn sudah bacanya cara interview mdh2an saya akan diterima. aaamiin
padiman said
matursuwon kagem blok niki
engkang utami kagem nyonya eliana burthon..
firman said
terimah kasih!!!! semoga amal baikmu diterima oleh sang kahalik!!!
Ade B. Alfani said
Thank U y guys..?! Wat tips’y…?
Moga W b’hasil..!!!cayo
irma said
apa sebenarnya tujuan pihak perusahaan menanyakan “apakah anda melamar ke tempat lain selain di persahaan kami?jika ya dmn?” apa sebaiknya jawaban yg harus diberikan?soalnya sy sering bingung jk ditanya spt itu,kalau sy jwb jujur saya jg melamr ke banyak perushaan,apakh itu akan berdmpk negatif atau positif ya?mhn jwbanya..terimakasih..
Sinta said
“Bravo” makasih tips nya sangat bermanfaat ^_^
Thanks a lot of
muhammad fadhli said
thanks banget ya uda menyediakan tips ini…
semoga selalu bermanfaat bagi semua orang
Muhammad said
terimakasih atas tips wawancaranya.
agete said
terimaksih byk…membantu bgt post-annya
cindy said
wahh..tipsnya keren banget..,,
aq telat nihh taunyaa.. =))
mas, aq mau nanya dong.. aq udah test 3-4 di bank dan selalu gagal ditahap 4 [tahap interview],,
aku suka bingung kalo ditanya
-kenapa mau kerja di bank?kenapa gag sesuai jurusannya? (fyi, aku sarjana pertanian).. kalo ditanya seperti itu, baiknya aku jawab apa yah mas??minta saran dongg…soalnya aq ngerasa aq gagal, karena aq kurang menyakinkan di pertanyaan ituu..
,,
oh juga pertanyaan ini “apa kamu pernah mengalami situasi sulit dalam hidup kamu?apa itu?bagaimana kamu menghadapinya?itu..baiknya jawab gimana??
dan pertanyaan ini
“Mengapa anda memilih jurusan tersebut?” saya juga agak bingung, karena jujur, saya kuliah di IPB lewat jalur PMDK. tanpa test.
tolong dijawab yah mas…makasihh.. ^^
Aris said
terima kasih banyak..
sekarang saya tau bagaimana harus menghadapi wawancara…
ronal said
makasih gbt a5 yg ngebuat situs ini… coz tlah mnambah rasa PERcaya diriku…
” smoga bisa berguna ya “
ida said
makasih buat tips-tipsnya,ini sangat membantu saya dalam melakukan aktivitas pencari kerja dgn baik dgn modal ini.
Daniel said
Bagus . . . nice info gan!! ^^
” yupz, smoga berguna buat semuanya “
Daniel said
Nice Info Gan!! ^^
Tanto said
Oke boleh juga buat masukan
ratu said
thx gan atas informasinya…
berguna banget buat saya yg baru menginjak dunia kerja FRESH GRADUATE
tapi gan saya pernah interview dengan pertanyaan seperti ini
Mengapa anda memilih melamar sebagai checker gudang?
karna saya juga lulusan smk yang jurusan bukan itu, kebetulan saya jurusan restoran
saya bingung mau jawab apa,,akhirnya tidak saya jawab,,,
haha… XP
tolong ya gan…. >,< please…
“harusny ya tetap mesti di jawab, menurut saya sih begitu. ya selain sesuai dgn spek saya, bilang aja klo saya orang yg mampu dan mau belajar mengenai hal2 baru. karena itu jug amerupakan tanggung jawab saya. ya kira2 begitu lah. klo salah mohon koreksinya ya.. thanx “
hariadi said
thanks semoga saya yang baru saja jobless bisa dapat kerja
” amiinnn “
afika said
siippzzz……mkcie wat info e…
Armen Widjaja said
terimakasih bro sangat bermanfaat pada jaman skg msh ada yg peduli dgn sesama & msh mau berbagi .terimakasih salam sukses
Anto said
Trmksh ats tips nya…………
anotherglasshouse said
mau wawancara besok, hehe.. makasi tipsnya 😀
” semoga berhasil teman “
awheey said
thank so much atas smua tips2nya aQ sdah mmahami smuanya.. smga aq lkas bkrja brkt tips trsbut…amminnn..
egu azrians said
saya pendatang baru di dunia kerja…
butuh banyak masukan…
oei said
terima kasih ….
semoga alam tersenyum untuk anda ….
salam kawan
” alam ??? penyanyi ntuh bukan??? 🙂 okeh thanx ya kawan “
minachinta said
wow..infonya sangat bermanfaat..
sukron..
shandi said
dengan bekal tips ini, semoga dapat keterima di sekolah ini….
Iwan Subhan said
Terima kasih atas tipsnya!!!
ini sangat berguna bangt bg saya, sbagai gambaran bagi saya untuk melamar kerja,, karna saya blm bgtu brpngalaman….
kesehatan said
sip..!! thanks for the article bro 😀
ini dia yang dicari2 😀
hisar said
saya lebih suka dengan pendapat pak andi tentang berwawancara tentang pendapat pekerjaan.ok.thanks
hari said
thk,s bwt tipsnya,jadi lebih berani untuk lebih baik
ani said
Thx atas tips nya
mudah2an sangat berguna bagi kami…:)
akan lebih baik ke depan nya
rendy ramadhan said
sangat bermanfaat sekali atas tips dalam berwawancara….thanks..
yyn said
thank’s atas infox…..
TUTI MARYANI said
SIPPPP!!!!!!!!!
Imaniar said
I Like this
Thanks infonya, semoga bermanfaat ^^
” ya, semoga bisa bermanfaat buat teman2 “
gus said
bagus banget tips’ya…
buat saya ini pengalaman pertama saya dalam mencari kerja…..
dan sangat bermanfaat….
Aqhem Juno said
terimakasih banyak untuk tips yang sangat berguna ini, ini test pertama saya, dan semoga saya berhasil. Mohon doa nya ya… ^_^
sakinah said
wah …thankyou so much buat tipsnya sangat memberiku gambaran mengenai dunia kerja di massa yang akan datang 😉